Senin, 07 Mei 2018

Suhu kandang ayam petelur

Suhu kandang ayam petelur
1. Umur 0-3 hari  = 32-34 derajat Celcius
2. Umur 4-7 hari  = 31-33 derajat Celcius
3. Umur 8-14 hari = 28-30 derajat Celcius
4. Umur 15-21 hari = 26-28 derat Celcius
5. Umur 22-selanjutnya = 23-25 derajat Celcius

Selama masa pertumbuhan, pullet membutuhkan pakan dengan kualitas baik sesuai kebutuhan. Suhu kandang yang tetap memegang peran penting dalam menentukan berapa jumlah pakan yang harus dikonsumsi. Selama cuaca panas konsumsi pakan akan menurun. Pullet yang agresif akan memiliki nafsu makan yang tinggi dan memiliki kapasitas fisik kuat dibanding dengan pullet yang tidak agresif. Pullet yang kecil akan menurun nafsu makannya. Selama kondisi stress akan menurun berat badannya. Manajemen suhu yang tepat memainkan peranan penting meminimalkan masalah ini.

Kendala Cuaca
Daerah tropis yang panas terutama pada siang hari tentu saja menjadi kendala pada peternak Ayam Petelur. Perbedaan suhu yang terlalu jauh antara siang dan malam, pada malam hari bisa mencapai 23 derajat dan suhu panas saat siang hari bisa mencapai 35 sampai 37 derajat celcius.

Suhu yang tinggi pada siang hari tentu harus ada upaya mengatasinya.

Cara yang pernah dilakukan oleh peternak Ayam Petelur yang bersifat sementara memanipulasi keseimbangan protein – energi saat cuaca panas atau pemberian antistress dilakukan sebagai solusi jangka pendek.

Untuk solusi yang lebih komplek tentu saja menurunkan suhu dalam kandang. Bisa dengan memperbaiki konstruksi kandangmerencanakan ventilasi udara dan sebagainya. Cara lain adalah dengan menanaman pohon disisi kandang agar dapat mengurangi sinar matahari dari samping dan dari atap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar