Minggu, 06 Mei 2018

Pemberian minum pada DOC

Cara pemberian air minum
-          Pemberian air minum yang pertama kepada DOC. yang baru saja tiba dilakukan setelah DOC. beristirahat atau menjadi tenang, yakni 2-3 jam setelah DOC. tersebut tiba. Sebab DOC yang baru saja tiba biasanya mengalami stress dan kemunduran kondisi. Hal ini terjadi karena transportasi atau perjalanan yang jauh. Jika di dalam perjalanan yang jauh. Jika di dalam perjalan itu kutuk mengalami penderitaan yang berat, maka pengunaan air gula dan obat antistress akan sangat menolong. Karena air gula mempunyai peranan penting untuk:
*      Menggantikan air tubuh yang hilang selama dalam perjalanan.
*      Menggantikan energi yang hilang selama dalam perjalanan.
-          Campuran air gula di dalam air minum cukup 5-8%.
-          Air minum yang disediakan harus selalu dalam keadaan bersih, dingin atau segar. Guna menjaga kebersihan dan kesegaran air minum, air harus sering diganti agar air tidak basi.
-          Usahakan agar penempatan air minum tersebar merata di sekitar sumber pemanas. Dan letakkanlah tempat air minum tadi di atas papan atau batu bata. Ataupun alas lainnya, sehingga  tempat minum tidak modah goncang dan tumpah.
-          Setelah air gula habis, bisa dilanjutkan dengan penambahan vitamin- vitamin, antibiotik di dalam air minum. Hal ini jika sekiranya dipandang perlu.
-          Pengaturan tempat air minum harus selalu berdekatan dengan tempat makan. Sebab sudah menjadi kebiasaan ayam setiap kali habis makan langsung minum. Dan sedapat mungkin tempat air minum ditaruh diluar kandang. Jika tempat air minum ditaruh didalam kandang, harus diberi pengaman agar tempat air minum itu tidak cepat kotor dan tidak mudah membasahi litter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar