Selasa, 15 Mei 2018

Faktor penyebab ayam stres

Factor-faktor penyebab ayam mengalami stress

– Perubahan cuaca secara tiba-tiba,
– Ayam mengalami kelelahan atau sedang sakit,
– Seringnya keluar masuk orang tidak dikenal,
– Adanya suara kegaduhan atau kebisingan yang ada disekitar lokasi,
– Perawatan yang salah, seperti perubahan ransum/air minum secara tiba-tiba,
– Luas kandang dengan jumlah unggas yang dipelihara tidak seimbang, dll.
Mengetahui penyebab terjadinya stress pada ayam boyler atau ayam petelur akan memudahkan anda dalam menanganinya, berikut ini adalah contoh cara mengendalikan stress pada ayam sesuai dengan factor penyebabnya.

Cara menangani stress pada ayam potong dan ayam petelur

1. Lokasi

Lokasi tempat peternakan yang bising, atau suasana peternakan yang sering berganti juga dapat menimbulkan stress, sebab ayam harus beradaptasi terhadap suasana yang baru secara berulang kali, cara mengatasinya adalah memilih lokasi yang jauh dari sumber kebisingan dengan suasana yang stabil.

2. Bibit

Jika induk dari bibit yang anda beli kurang baik kualitasnya, biasanya akan menghasilkan keturunan yang cenderung mudah stress, Untuk mencegahnya adalah anda harus membeli anak ayam (DOC) dari penjual yang terpercaya.

3. Kandang

Keadaan kandang yang tidak sehat dapat menyebabkan ayam tidak nyaman sehingga dapat mengakibatkan stress, untuk mencegahnya adalah kandang harus selalu dibersihkan serta sirkulasi udara didalam kandang harus lancar.

4. Ransum

Untuk ransum yang diberikan pada ayam harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dengan jumlah ayam yang diternak, agar tidak mengakibatkan stress, Ransum buatan pabrik tentunya sudah teruji nilai gizinya yang sudah disesuaikan dengan umur dan jenis ayamnya.

5. Penyakit

Penyakit juga bisa menyebabkan stress atau juga sebaliknya, yaitu stress juga bisa menimbulkan penyakit, jadi usahakan untuk selalu memperhatikan lokasi, bibit, ransum, serta kebersihan kandang dan perawatan yang baik, agar ayam tidak mudah stress atau terserang penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar