Rabu, 23 Mei 2018

Reprodukdi ayam betina

dengan fungsinya. Perhatikan ulasan dibawah ini.
1
Organ reproduksi ayam betina ini pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu ovary dan oviduct, namun bagian dari oviduct ini terbagi menjadi lima bagian yaitu infundibulum, magnum, isthmus, uterus, vagina, kloaka.
Bagian organ – organ tersebut yang akan membantu dalam proses pembentukan telur ( yolk ) dengan sempurna. Jika kurang jelasnya dalam proses penetasan telur dan fungsi masing – masing organ reproduksi betina berikut penjelasan organ reproduksi ayam betina.

Oviduct ( indung telur )

Oviduct ini merupakan salah satu organ yang menghasilkan sel telur di dalam ayam, oviduct ini memiliki panjang 1,5 cm, berat 60 gram, pada tiga minggu setelah dewasa kelamin. Oviduct ini memiliki peran untuk menghasilkan sel telur yang sudah di buahi oleh spermatozoa untuk menghasilkan telur.

Infundibulum ( papilon )

Infundibulum merupakan slah satu organ yang hanya terdapat di betina dengan memiliki fungsi untuk menampung atau menangkap sel telur yang sudah matang atau masak di dalam ovoduvt tersebut. Infundibulum ini memiliki panjang mencapai 9 cm, yang mampu mengsekresikan sumber protein yang sudah di terima  selama 15-20 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar